Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pidato Bahasa Inggris dan Artinya tentang Terorisme Menurut Islam

Pidato Bahasa Inggris dan Artinya tentang Terorisme Menurut Islam

 

Asslamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Praise be to Allah, Lord of the Worlds, and Allah’s blessings and peace Praise be to Allah, Lord of the Worlds, and Allah’s blessings and peace be upon the noblest of Messengers, Prophet Muhammad, and upon his be upon the noblest of Messengers, Prophet Muhammad, and upon his household and the companions, and those who follow their example with household and the companions, and those who follow their example with good conduct until the Day of Judgment.

Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, dan berkat dan damai Allah Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, dan berkat dan damai Allah atas para Rasul yang paling mulia, Nabi Muhammad, dan atas para Rasul yang paling mulia, Nabi Muhammad, dan atas para rasulnya yang paling mulia. Keluarga dan para sahabat, dan orang-orang yang mengikuti teladan mereka dengan perbuatan baik sampai hari kiamat.

It is of Allah’s Grace that He bestowed on us the great religion of Islam, It is of Allah’s Grace that He bestowed on us the great religion of Islam, and made us the best Ummah raised up for mankind, one that is graced and made us the best Ummah raised up for mankind, one that is graced with the noblest of Prophets and Heavenly Books and religious codes. with the noblest of Prophets and Heavenly Books and religious codes. This comprehensive religious code encompassed and ordained all things This comprehensive religious code encompassed and ordained all things beneficial to humankind in this life and in the Hereafter, and prohibited beneficial to humankind in this life and in the Hereafter, and prohibited and banned all evils and vices, as made clear in the Noble Qur`an: and banned all evils and vices, as made clear in the Noble Qur`an:

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ

{“...Today, I have perfected your religion for you, and completed My favour upon you, and have granted Islam as a religion for you...”}.

Karena Rahmat Allah-lah Dia menganugerahkan kepada kita agama Islam yang agung,  dan menjadikan kami umat terbaik yang dibangkitkan untuk manusia, umat yang dirahmati dengan yang paling mulia dari para Nabi dan Kitab-Kitab Surgawi dan isyarah agama. Kode agama yang komprehensif ini mencakup dan menahbiskan semua hal bermanfaat bagi manusia di dunia dan di akhirat, dan dilarang dan melarang semua kejahatan dan kejahatan, seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an yang Mulia:

{“...Hari ini, Aku telah menyempurnakan agamamu untukmu, dan menyempurnakan agama-Ku nikmat atasmu, dan telah menganugerahkan Islam sebagai agama bagimu…”}.

The world is changing rapidly most due to innovations in information technology/digital media/computer technology. Changes in human society include politics, economic, social, culture and religious /spiritual. The changes are real and complicated. Muslims of the digital age have to wake up to challenges within their society such as religious extremism and terrorism.

Dunia berubah paling cepat karena inovasi teknologi informasi/media digital/teknologi komputer. Perubahan dalam masyarakat meliputi politik, ekonomi, sosial, budaya dan agama/spiritual. Perubahannya nyata dan rumit. Muslim di era digital harus bangkit menghadapi tantangan dalam masyarakat mereka seperti ekstremisme agama dan terorisme.

Terrorism in the name of religion is one of the most, if not the most apparent result of religious extremist thinking and it is being associated with Islam and its texts only. However, the reasons lying behind this kind of an act are sometimes political, sometimes economic, sometimes due to misunderstandings about the religion and its teachings and so on. The latter one is probably the most notable reason why someone becomes extremist in his religious thinking and commit unacceptable actions. It is true that the holy scripture of Islam contains a certain amount of violation but this is also the case with the other religious texts and it has to be read carefully. When this is the case, one cannot argue that Islam itself is the cause of terrorism.

Terorisme atas nama agama adalah salah satu yang paling nampak, jika bukan hasil yang paling jelas dari pemikiran ekstremis agama dan dikaitkan dengan Islam dan teks-teksnya saja. Namun, alasan yang melatarbelakangi tindakan semacam ini kadang-kadang politik, kadang-kadang ekonomi, kadang-kadang karena kesalahpahaman tentang agama dan ajarannya dan sebagainya. Yang terakhir mungkin adalah alasan yang paling menonjol mengapa seseorang menjadi ekstremis dalam pemikiran keagamaannya dan melakukan tindakan yang tidak dapat diterima. Memang benar bahwa kitab suci Islam mengandung sejumlah kekerasan tetapi ini juga terjadi pada teks-teks agama lain dan harus dibaca dengan seksama. Jika demikian halnya, orang tidak dapat membantah bahwa Islam sendirilah penyebab terorisme.

The world of terrorism is changing through sophisticated online contents on internet. The use of internet and technology has improved and many good-quality elaborated works are done that can easily have an impact on people and the number one affected segment is the youth that are unpleasant with their current life or looking for a cause to fight for; and they are attracted or pulled to this groups and ideologies by good-quality videos, chat sessions and all kinds of websites. The draw for young people to join a terrorist group has never been as strong as it is today. The identity crisis young people have are non but a trigger to radicalism and this particular characteristic of young people seems to have made easier the process of getting into these actions that they are driven or pushed to. They want to have the sense of belonging.

Dunia terorisme berubah melalui konten online yang canggih di internet. Penggunaan internet dan teknologi telah meningkat dan banyak pekerjaan terinci berkualitas baik dilakukan yang dapat dengan mudah berdampak pada orang-orang dan segmen yang terkena dampak nomor satu adalah kaum muda yang tidak nyaman dengan kehidupan mereka saat ini atau mencari alasan untuk diperjuangkan; dan mereka tertarik atau tertarik ke kelompok dan ideologi ini melalui video berkualitas baik, sesi obrolan, dan semua jenis situs web. Daya tarik kaum muda untuk bergabung dengan kelompok teroris tidak pernah sekuat sekarang ini. Krisis identitas yang dimiliki kaum muda tidak lain adalah pemicu radikalisme dan karakteristik khusus kaum muda ini tampaknya telah mempermudah proses untuk melakukan tindakan yang mereka dorong atau mendukung mereka. Mereka ingin memiliki rasa memiliki.

But to respond this, what the Prophet did mirrored the mission of Islam, its grace and peaceful message. Al Quraan stated,

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

And We have sent you (O Muhammad ) not but as a mercy for the 'Alamin.” (Al Quraan Chapter 21 Verse 107)

Namun untuk menanggapi hal ini, apa yang dilakukan Nabi mencerminkan misi Islam, rahmat dan pesan damainya. Al Qur'an menyatakan, "Dan Kami tidak mengutus kamu (Muhammad) melainkan sebagai rahmat bagi 'Alamin." (Al Qur'an Surat 21 Ayat 107)

The word universe (‘alamin) there means not only for Muslims (which word would be lil muslimin) or mankind, but also radiates love and affection towards all God’s creations.

Kata alam semesta (‘alamin) di sana tidak hanya berarti bagi umat Islam (yang kata tersebut akan menjadi lil muslimin) atau umat manusia, tetapi juga memancarkan cinta dan kasih sayang terhadap semua ciptaan Tuhan.

As long as it is God’s creation there is no reason why we shouldn’t give it love and affection. Based on this, the difference between faith and religion clearly had not barred the Prophet PBUH to always respect and valued them, even though they were of not the same faith with him. Even such an important and sacred facility like a mosque did not make him hesitate to lend it to his Christian guests. It is true that conflicts and wars happened in the time of the Prophet PBUH was between Muslims and non-Muslims but difference of religion was never the cause; there were always another aspects that caused it. Such as violations of peace pact and truce done by the opposite side or threat to the people’s security.

Selama itu adalah ciptaan Tuhan, tidak ada alasan mengapa kita tidak boleh memberinya cinta dan kasih sayang. Berdasarkan hal tersebut, perbedaan iman dan agama jelas tidak menghalangi Nabi SAW untuk selalu menghormati dan menghargai mereka, meskipun mereka tidak seagama dengan beliau. Bahkan fasilitas yang begitu penting dan sakral seperti masjid tidak membuatnya ragu untuk meminjamkannya kepada tamu-tamu Kristennya. Memang benar bahwa konflik dan perang yang terjadi pada masa Nabi SAW adalah antara Muslim dan non-Muslim tetapi perbedaan agama tidak pernah menjadi penyebabnya; selalu ada aspek lain yang menyebabkannya. Seperti pelanggaran pakta perdamaian dan gencatan senjata yang dilakukan pihak lawan atau ancaman terhadap keamanan rakyat.

The Prophet had set us an example and wisdom on how to address differences in faith. He was the Guru, the master and ultimate example in faith tolerance. He didn’t speak about it only in the realm of discourse but practice it in all aspects of life. History had it that most of the apostles convert to Islam not because they feared the Prophet or being threatened, but because they were impressed by the wisdom and ethics shown by him in everyday life.

Nabi telah memberi kita contoh dan kebijaksanaan tentang bagaimana menyikapi perbedaan iman. Dia adalah Guru, guru dan teladan utama dalam toleransi iman. Beliau tidak membicarakannya hanya dalam ranah wacana tetapi mempraktikkannya dalam semua aspek kehidupan. Sejarah mengatakan bahwa sebagian besar rasul masuk Islam bukan karena mereka takut kepada Nabi atau diancam, tetapi karena mereka terkesan dengan kebijaksanaan dan etika yang ditunjukkan olehnya dalam kehidupan sehari-hari.

To respect and appreciate difference is not an easy task. Each one of us has our own ego, ambition and certain tendencies to prevail others into following our way and thoughts. Learning from examples of wisdom and degree of tolerance set for us by the Prophet PBUH, it is only natural to teem down and control our ego and ambition, to be a true follower of him.

Menghormati dan menghargai perbedaan bukanlah hal yang mudah. Masing-masing dari kita memiliki ego, ambisi, dan kecenderungan tertentu untuk membuat orang lain mengikuti jalan dan pikiran kita. Belajar dari contoh-contoh kebijaksanaan dan tingkat toleransi yang diberikan oleh Nabi SAW kepada kita, wajar saja jika kita menundukkan dan mengendalikan ego dan ambisi kita, untuk menjadi pengikut sejati beliau.

That’s all my speech will be over, thank you very much for all attention, hopefully, we will get the most benefit from it, wassalam...

Sekian pidato dari saya, terima kasih banyak atas semua perhatiannya, semoga kita mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Post a Comment for "Pidato Bahasa Inggris dan Artinya tentang Terorisme Menurut Islam"